Arti Kata Ottoke: Makna dan Penggunaannya dalam Bahasa Korea, Bisa Juga Digunakan dengan Nada Humor

TRIBUNJATIM.COM – Arti kata ottoke dalam bahasa Korea sering digunakan untuk menyatakan ekspresi keterkejutan, keputusasaan, atau ketidaksetujuan.  Secara harfiah, ottoke dapat diterjemahkan sebagai “bagaimana” atau “apa yang harus dilakukan.”

Dalam penggunaan sehari-hari, ekspresi ini lebih sering digunakan untuk menyatakan rasa bingung, keterkejutan, atau kesulitan dalam menghadapi suatu situasi. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi arti kata ottoke Korea dan menyelami penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.

Terdapat banyak sekali sitilah dalam bahasa korea yang menyebar hingga keseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

Terutama bagi kamu para penggemar k-drama maupun k-pop, dengan menonton drama korea dan mendengarkan lagu-lagu dari korea, tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa istilah yang sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh istilah “ottokhe” (어떻게).

Jika kamu sering menonton drama Korea pasti pernah atau bahkan sering mendengar kata ini.

Lantas kira-kira apasih artinya? Yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Ottokhe (어떻게) merupakan sebuah ekspresi yang pertama kali diucapkan ketika tengah berada dalam masalah atau situasi yang terjadi di luar harapan.

Dalam bahasa Indonesia, kosakata ottokhe (어떻게) dapat diartikan sebagai ‘bagaimana ini?’ atau ‘apa yang harus aku lakukan”.

Arti Ottoke dalam Bahasa Korea

Arti kata ottoke dalam bahasa Korea diterjemahkan sebagai “apa yang harus dilakukan” atau “bagaimana caranya.”  Secara umum, kata ini berasal dari gabungan dua kata, yaitu “어떻게” (eotteoke) yang berarti “bagaimana” dan “해” (hae) yang berarti “melakukan.”  Seiring berjalannya waktu, ottoke berkembang menjadi lebih dari sekadar pertanyaan praktis.

Hal itu juga mencakup ekspresi emosional seperti kebingungan, kecemasan, atau keputusasaan.

Ekspresi ini sering digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari dan seringkali mencerminkan keadaan emosional seseorang yang menghadapi situasi yang tidak diinginkan atau mengejutkan.  Pada konteks informal atau antara teman-teman, ottoke bisa juga digunakan dengan nada humor atau sebagai cara untuk berbagi rasa keterkejutan.

1. Ekspresi Kebingungan atau Kesusahan

Halaman selanjutnya

Sumber: Tribun Sumsel

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​Pada konteks informal atau antara teman-teman, ottoke bisa juga digunakan dengan nada humor atau sebagai cara untuk berbagi rasa keterkejutan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *