Kondisi Bus Listrik Trans Surabaya Saat Mulai Beroperasi Besok, Lewat Tol Waru, Tarifnya Nontunai

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Setelah sukses melakukan uji coba, sebanyak 15 unit bus listrik Trans Semanggi Suroboyo (TSS) Kamis (22/2/2024) besok beroperasi secara masal di Kota Pahlawan.

Angkutan masal masa depan yang ramah lingkungan tanpa gas buang ini sudah bisa melayani masyarakat.

Bis listrik TSS ini sebenarnya sudah beroperasi melayani penumpang pada 20 Desember 2022.

Namun Tahun Baru 1 Januari 2023 bus berkapasitas 19 tempat duduk tersebut menghentikan operasionalnya. Penghentian operasional bus produksi PT INKA ini karena perlu penyempurnaan sistem.

Saat resmi kembali beroperasi besok, belum ada informasi pasti mengenai tarif. Namun tidak berbeda jauh dengan tarif 2022. Bus dengan beroperasi dengan sistem buy the service ini (BTS) ini tarif sebelumnya Rp 6.200.

Trayek pun sama, Terminal Purabaya-Kenjeran Park (Kenpark). Namun kali ini lewat Tol Waru-Juanda. Jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Bus akan lepas Purabaya dari shelter keberangkatan Bus Kota ke kiri menuju pintu Tol Waru Juanda. Turun exit tol Tambak Sumur melintasi jalan MERR dan kampus-kampus.

Baca juga: Bus Listrik Trans Semanggi Surabaya akan Beroperasi Lagi, Tarif hanya Rp 6.200 Perak, Catat Rutenya

Mulai dari Asrama UINSA, kampus UPN, Bundaran ITS, kampus C Unair, hingga ujung MERR di Kenjeran dan berakhir di Kenjeran Park.

“Tarif masih kita rapatkan dengan Kemenhub. Tapi yang pasti besok sistem pembayarannya cashless. Harus nontunai. Kami mengoperasikan bus listrik ini dengan sistem BTS,” kata General Manager Perum Damri Surabaya Heru Suwarsono saat ditemui usai tumpengan operasional bus listrik di Pool Damri Jagir Surabaya, Rabu (21/2/2024).

Heru pun mengecek kondisi terkini belasan bus yang siap beroperasi tersebut. Dia keliling sambil mengamati armada yang setahun penuh berhenti beroperasi itu. Dia berharap semua armada bus listrik itu tidak ada kendala saat dioperasikan penuh mulai Kamis besok.

Sebanyak 14 unit dioperasikan dengan satu unit cadangan. Dia berharap saat melayani penumpang tidak ada satu pun bus yang bermasalah. Sebelumnya Kadishub Kota Surabaya Tundjung Iswandaru meminta jaminan bus listrik itu tidak mogok. “Harus ada garansi ini karena melayani masyarakat,” kata Tundjung.

Baca juga: Nasib Bus Listrik Surabaya, Tarif Gratis Sampai Akhir Bulan Januari 2024, Ada 3 Ukuran dan Trayek

Siswanto, selaku penanggung jawab teknis bus listrik TSS dari PT INKA, mengakui bahwa salah satu yang perlu penyempurnaan selama setahun ini adalah kehandalan baterai. “Kami sudah memperkuat daya baterai dengan mempertebal komponen baterai sehingga tidak drop,” terang Siswanto.

Dia menuturkan bahwa baterai bus listrik saat penuh 100 persen kapasitas jarak tempuh bisa mencapai 120 KM. Artinya PP Purabaya-Kenpark bisa dilampaui. Untuk mengantisipasi dan menjamin stabilitas baterai, charging yang ditetapkan 35 persen.

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​Setelah sukses melakukan uji coba, sebanyak 15 unit bus listrik Trans Semanggi Suroboyo (TSS) Kamis (22/2/2024) besok beroperasi secara masal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *