Usai Pecat Ketua PPS Nakal, Begini Suasana Pemungutan Suara Ulang di Bangkalan Madura

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Masyarakat Desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan memanfaatkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 untuk memberikan pilihannya secara langsung pada Sabtu (24/2/2024).

Tingkat kehadiran warga di TPS 4 kali ini nyaris 100 persen daripada coblosan pemilu secara serentak yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu.

TPS 4 Desa Ujung Piring merupakan salah satu dari tiga TPS di Kabupaten Bangkalan yang diwajibkan menggelar PSU karena telah menyalahi tata cara atau prosedur pemungutan suara.

Meningkatnya antusias warga dalam gelaran PSU di TPS 4 itu disampaikan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Ujung Piring, Samsul Arifin.  

Padahal sebelumnya, Samsul bersama kepala desa setempat merasa khawatir antusias warga akan menurun karena pelaksanaan coblosan pada 14 Februari 2024 telah selesai.

Baca juga: Kisah Warga Malang Ambil Cuti Kerja Demi Ikut Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024

“Tingkat partisipasi pemilih lebih antusias daripada yang kemarin, ternyata antusias dan tingkat kehadiran masyarakat lebih banyak yang sekarang,”  ungkap Samsul.

Ia menjelaskan, gelaran PSU di TPS 4 Desa Ujung Piring ini dilaksanakan setelah ada temuan pelanggaran yaitu terjadi pencoblosan di luar bilik yang dilakukan salah seorang oknum Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Di Desa Ujung Piring total DPT sejumlah 11.284 yang tersebar di 5 TPS, hanya satu TPS yakni TPS 4 yang melaksanakan PSU. Jumlah DPT di TPS 4 sebanyak 278 dengan angka kehadiran mencapai 258 orang,” pungkas Samsul Arifin.  

Baca juga: Bawaslu Trenggalek Rekomendasikan PSU di TPS 12 Kelutan, Total 4 Tempat Diminta Coblosan Ulang

Pelaksanaan PSU TPS 4 Desa Ujung Piring itu menjadi atensi pihak TNI/Polri dengan menerjunkan puluhan personel.

Mereka menyebar di sejumlah titik pengamanan, beberapa dari personel terlihat berbaur di tengah kerumunan warga di luar dekat lokasi TPS.

Kepala Desa Ujung Piring, Mohammad Usman mengungkapkan, PSU di TPS 4 untuk mengulang pemilihan calon legislatif mulai dari tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan Pemilihan Calon Presiden-Wakil Presiden.

Baca juga: Ada 20 TPS di Gresik yang Harus Penghitungan Ulang, Suara Terhitung Lebih Banyak Ketimbang Pemilih

“Alhamdulillah tingkat kehadiran telah mencukupi target, pengamanan berjalan aman dan kondusif. PSU dimulai sejak pukul 7 pagi hingga pukul 1 siang,” singkat Usman.

Selain di TPS 4 Desa Ujung Piring, PSU juga dilaksanakan di TPS 4 Desa Glagah, Kecamatan Arosbaya, dan TPS 7 Desa Sendang Dajah, Kecamatan Labang.

Sementara pelaksanaan Hitung Ulang (HU) digelar pada Senin (19/2/2024) di dua TPS di Kecamatan Kamal dan 1 TPS di Kecamatan Socah.

Sebelumnya, Pihak KPU Bangkalan telah memecat oknum Ketua PPS Desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan dan Ketua PPS Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal

Baca juga: Reaksi KPU Kota Malang Soal Potensi Pemungutan Suara Ulang di 4 TPS Imbas Ada Penyusup

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​Pemungutan Suara (TPS) 4 untuk memberikan pilihannya secara langsung pada Sabtu (24/2/2024). Tingkat kehadiran pemilih nyaris 100 persen 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *