Soal Kemunculan Buaya di Bojonegoro, Kades Sebut Jumlahnya 10 Ekor Lebih, Sering Terlihat Pagi Hari

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Yusab Alfa Ziqin

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO – Buaya telah sering muncul di Sungai Bengawan Solo turut Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Desa (Kades) Kebonagung Abu Ali mengatakan, kemunculan buaya di Sungai Bengawan Solo turut desanya itu seakan sudah maklum atau bukan hal ganjil.

Para warga Desa Kebonagung, kata Ali sapaannya, mulai kerap melihat buaya di Bengawan Solo setempat sejak tiga tahun lalu atau sejak 2021.

Dia memperkirakan, jumlah buaya yang bersarang atau berkeliaran di Bengawan Solo Desa Kebonagung jumlahnya tak cuma satu atau dua ekor.

“Kemungkinan, ada lebih dari 10 ekor buaya,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (16/3/2024) pagi.

Namun, lanjut dia, lebih dari sepuluh ekor buaya yang diduga ada di Bengawan Solo turut desanya itu tak ada memiliki ukuran besar atau jumbo.

“Ukurannya kecil. Skalanya antara satu sampai dua meter saja. Segitu yang biasanya dilihat warga,” tutur Kades berusia 51 tahun ini.

Baca juga: Sempat Gegerkan Warga, Seekor Buaya di Sungai Bojonegoro Belum Tertangkap, Beragam Upaya Dilakukan

Seekor buaya ditali seusai diamankan personel Dindamkarmat Bojonegoro dari Sungai Prudung, Jumat (16/2/2024) pagi. (tribunjatim.com/Yusab Alfa Ziqin)

Lebih lanjut, Ali meneruskan, dari yang sudah-sudah, diketahui bahwa buaya di Bengawan Solo turut desanya selalu muncul pada pagi hari.

Paling sering, tambah dia, buaya muncul di tepian Sungai Bengawan Solo RT 07/RW 03 Desa Kebonagung. Di belakang kandang kambing milik warga setempat.

“Munculnya buaya antara pukul 09.00-10.00. Kalau dilihat orang, langsung kabur. Jadi, buaya ini tidak atau belum pernah membahayakan,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, baru-baru ini seekor buaya muncul di tepi Sungai Bengawan Solo turut Desa Kebonagung.

Baca juga: Detik-detik Buaya 2,5 Meter di Sungai Bojonegoro Ditangkap, Muncul Dekat Pemungkiman Warga

Baca juga: 2 Teman Bocah SD Diterkam Buaya Trauma, Sakit Tak Masuk Sekolah, Korban Teriak Tolong Dikira Kram

Warga Desa Kebonagung melaporkan kemunculan bintang buas jenis reptil tersebut pada Senin (11/3/2024)  dan Selasa (12/3/2024) kemarin.

Sampai Sabtu (16/3/2024) ini, para personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dindamkarmat) Bojonegoro masih terus bersiaga.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​Buaya telah sering muncul di Sungai Bengawan Solo turut Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *