JATIM TERPOPULER Sosok Pengemudi Porsche Tabrak Grand Livina di Tol – Balita Selamat dari Pembunuhan

TRIBUNJATIM.COM – 

1. Pemalsu Beras Subsidi Jadi Premium di Malang Ngaku Dapat Pasokan dari Seseorang di Facebook

Tersangka EH (37) menunjukan reka adegan pengemasan beras Bulog menjadi beras premium saat ungkap kasus pengemasan ulang beras Bulog menjadi beras premium di Polres Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (18/3/2024). (tribunjatim.com/Lu’lu’ul Isnainiyah)

Enik Heriyanti (37) tersangka penjual beras subsidi menjadi beras premium memasok beras Bulog dari seseorang melalui Facebook.

Hal ini dikatakan oleh Enik setelah tertangkap tangan oleh Satreskrim Polres Malang di toko berasnya di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jumat (15/3/2024) lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Enik mengaku membeli beras Bulog program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kemasan 50 kilogram (Kg) melalui Facebook. Harganya Rp690 ribu.

“Terasangka membeli melalui seseorang di facebook dengan harga Rp690 ribu, pembayarannya melalui sistem Cash on Delivery (COD),” ungkap Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah dalam press release di Polres Malang, Senin (18/3/2024).

Namun terkait siapa penjual di Facebook yang menyuplai beras ke Enik, Gandha mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman ke beberapa penjual di aplikasi tersebut.

“Di Facebook itu kan banyak sekali orang yang menawarkan atau menjual beras Bulog kemasan 50 kg yang mekanismenya komersil,” katanya.

Baca juga: Sosok Emak-emak di Malang Jual Beras Bulog Pakai Bungkus Premium, Untung Puluhan Juta, Ditahan

Menurutnya penjualan beras subsidi pemerintah program SPHP yang dijual bebas dengan cara mengemas kembali atau repacking sudah termasuk menyalahi aturan.

“Itu (beras Bulog) merupakan barang-barang yang mendapatkan pengawasan khusus oelh pemerintah,” tegasnya.

Selain mendapatkan beras Bulog dari Facebook, rupanya Enik juga melakukan pembelian beras dari seseorang yang tak ia kenal.

Dimana, orang tersebut datang ke toko Enik dan menawarkan beras Bulog kemasan 50 kg dengan harga Rp640 ribu.

“Untuk seseorang yang menyuplai beras kepada tersangka juga masih dalam pencarian,” sebutnya.

Baca juga: Harga Beras di Malang Makin Meroket, Kini Beras Premium di Pasar Kepanjen Rp 82 Ribu Per 5 Kg

Kemudian, dalam hal ini apakah ada indikasi Bulog terlibat dalam kasus Enik? Gandha menyatakan sampai dengan saat ini belum ditemukan.

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​4 Berita terpopuler Jatim Selasa, 19 Maret 2024: sosok pengemudi Porsche tabrak Grand Livina di Tol Sidoarjo hingga balita selamat dari pembunuhan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *