Survei SMRC: Najmul Akhyar Teratas Disusul Mariadi, Petahana Danny Karter Posisi Keenam

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei di Pilkada Lombok Utara. Najmul Akhyar unggul signifikan di atas calon-calon lain, dari survei yang dilakukan pada 8 hingga 15 Juni 2024.

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani menjelaskan dalam simulasi pilihan semi terbuka dengan daftar banyak nama, Najmul Akhyar mendapat dukungan tertinggi, 47.1 persen, disusul Mariadi 10.5 persen, Raden Nuna Abriadi 7.1 persen, Lalu Mukhsin Mukhtar 5.3 persen, Junaidi Arif 5 persen, dan Danny Karter 4,1 persen dan nama-nama lain di bawahnya. Masih ada 10 persen yang belum tahu.

Lebih jauh, Najmul Akhyar sementara ini mendominasi dukungan di berbagai kelompok pemilih partai. Najmul Akhyar mendapat suara mayoritas pada pemilih PKS 77 pesen, PPP 73 persen, Gerindra 70 persen, PKB 67 persen, NasDem 66 persen, PDIP 62 persen, Demokrat 60 persen, Golkar 59 persen, dan PBB 59 persen.

Elektabilitas Najmul Akhyar yang tinggi saat ini tidak lepas dari kemampuannya menjaga soliditas dukungan dari pemilihnya di pilkada yang lalu 79 persen, dan pada saat yang bersamaan ia juga berhasil menarik simpati mayoritas dari pemilih Djohan Syamsu 58 persen.

Namun demikian, Deni memperkirakan dukungan pemilih Lombok Utara masih dinamis karena pelaksanaan pilkada masih cukup lama (November 2024).

“Elektabilitas masing-masing calon masih bisa berubah, tergantung intensitas dan efektivitas kerja sosialisasi yang dilakukan hingga pilkada diadakan,” jelasnya dari keterangan tertulis yang diterima NTBSatu Sabtu, 22 Juni 2024.

Survei SMRC menggunakan metodologi dengan Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Kabupaten Lombok Utara yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Sampel sebanyak 410 responden dipilih secaa acak dengan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah proporsional dari populasi tersebut.
Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Wawancara survei dilakukan pada 8 – 15 Juni 2024.

Artikel Survei SMRC: Najmul Akhyar Teratas Disusul Mariadi, Petahana Danny Karter Posisi Keenam pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *