16 Titik Irigasi dan Jalan Tani di Lombok Timur akan Diperbaiki

​ ​

Lombok Timur (NTBSatu) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur akan memperbaiki 16 titik saluran irigasi daerah pada tahun ini.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Lombok Timur, Mirza Sofian, mengatakan perbaikan irigasi itu akan memprioritaskan wilayah dengan komoditas dominan tembakau.

Selain itu, pihaknya akan memperbaiki jalan usaha tani. Menurutnya, hingga saat ini masih banyak petani yang kesulitan mengangkut hasil pertanian lantaran jalur usaha tani yang tidak memadai.

“Tahun ini kami ada lima titik lokasi rehab jalan perkebunan, dan itu sedang proses perbaikan. Minimal bisa masuk roda tiga,” kata Mirza, Senin, 24 Juni 2024.

Selain itu, Dinas Pertanian Lombok Timur juga tahun ini akan memberi bantuan sarana pembibitan tembakau kepada sembilan kelompok tani di Lombok Timur.

“Bantuan yang diberikan berupa bibit tembakau untuk ditanam di lahan seluas 9 hektare. Kemudian plastik dan herbisida,” ucap Mirza.

Bantuan lainnya adalah peningkatan produksi tembakau yang diberikan kepada 15 kelompok tani dengan total luas tanam 426 hektare. Bantuan itu berupa pupuk, hand sprayer, dan pestisida.

Kemudian bantuan sarana pasca panen bagi petani tembakau rajang. Sebanyak 68 mesin rajang untuk 40 kelompok tani.

“Total anggarannya sekitar Rp6 miliar lebih. Itu bersumber dari DBHCHT,” tutupnya.

Artikel 16 Titik Irigasi dan Jalan Tani di Lombok Timur akan Diperbaiki pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *