Polisi Siapkan 800 Personel Amankan MXGP 2024

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Polisi menyiapkan 800 personel untuk mengamankan event Motor Cross Grand Prix atau MXGP Lombok 2024.

800 persoel tersebut gabungan personel Polda NTB dan Polresta Mataram.

Wakapolresta Mataram, AKBP I Wayan Sudarmata menyebut, pengamanan yang melibatkan ratusan personel polisi tersebut dari berbagai satuan.

Pengamanan ini bagian dari prioritas pihaknya. Menyusul event MXGP berada di wilayah hukum Polresta Mataram.

“Tanggung jawab keamanan di wilayah Kota Mataram berada pada kami, dan kami siap mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” kata Sudarmata.

Orang nomor dua di Polresta Mataram menjelaskan, tingkat kerawanan ajang MXGP kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana tahun 2023 hanya ada satu satu seri balapan. Sedangkan tahun 2024 sebanyak dua seri.

Dengan begitu, logistik dua kali lipat lebih banyak. Para pembalap juga akan memakan waktu lebih lama berada di Kota Mataram. Menurut Sudarmata, potensi kerawanan pasti lebih tinggi.

“Oleh karena itu, kami harus lebih waspada,” katanya.

Untuk mengamankan MXGP tak cukup oleh kepolisian saja. Perlu kerja sama dan sinergisitas seluruh pihak untuk mencapai keamanan maksimal. Termasuk dari pemerintah daerah dan panitia penyelenggara.

“Jadi, seluruh pihak perlu membantu kami di kepolisian,” ucapnya.

Sementara Kabag Binops Polda NTB, AKBP Rohadi menyebut, perhelatan event MXGP mulai pada 27 hingga 30 Juni 2024 mendatang.

Kemudian sesi kedua pada 5 hingga 7 Juli 2024. Polda NTB telah melakukan rapat maraton untuk mempersiapkan pengamanan event internasional ini.

Kepolisian menyiapkan 800 personel dari berbagai satuan. Selain Polresta Mataram, ada juga dari Polres Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Rohadi menegaskan, hal utama dalam suksesnya pengamanan adalah jadwal yang tepat dan komunikasi baik antara panitia dan pihak kepolisian.

“Kami juga menyarankan peningkatan pengawasan melalui penambahan CCTV, untuk memastikan setiap kejadian terekam dengan jelas,” ucapnya.

Polisi mengajak agar masyarakat NTB khususnya Kota Mataram turut mendukung dan menjaga keamanan ajang MXGP 2024.

“Keamanan dan ketertiban adalah kunci utama, untuk suksesnya event internasional ini,” tutup Rohadi.

Artikel Polisi Siapkan 800 Personel Amankan MXGP 2024 pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *