MXGP 2024 Kian Dekat, Okupansi Hotel di Mataram Meningkat

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Tingkat okupansi hotel di Mataram sudah mencapai lebih dari 50 persen menjelang ajang Motocross Grand Prix (MXGP) 2024.

Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM), I Made Adiyasa, memperkirakan angka ini akan meningkat pada saat gelaran ini berlangsung, yaitu pada hari Sabtu, 29 Juni 2024.

“Terlihat vibes pariwisata lebih ramai. Penonton MXGP mayoritasnya baru datang hari Sabtu. Informasi terkininya, tingkat hunian kamar hotel rata-rata 50 persen lebih,” kata Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM), I Made Adiyasa pada NTBSatu pada Kamis, 27 Juni 2024.

Adanya MXGP memberikan angin segar bagi sektor pariwisata, khususnya bagi usaha penyewaan kamar hotel. Event MXGP Tahun 2024 merupakan MXGP yang ketiga kali terselenggara di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya, lokasi penyelenggaraan ada di dua tempat yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok.

Dampak MXGP 2024 Terhadap TPK Hotel

Melihat penyelenggaraan sebelumnya, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel Pulau Lombok mengalami peningkatan jika dibandingkan hari biasanya.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan TPK hotel bintang di Kota Mataram selama pelaksanaan MXGP mencapai 38,51 persen, sedangkan hotel non bintang sedikit lebih rendah yaitu 29,91 persen.

Pada pelaksanan MXGP Samota, TPK hotel selama penyelenggaraan MXGP sangat tinggi yaitu mencapai 45,04 persen, sedangkan TPK hotel melati mencapai 33,50 persen.

Bercermin pada dari tahun lalu, okupansi ini akan lebih menyasar ke hotel-hotel yang berlokasi di sekitar Eks Bandara Selaparang seperti Lombok Astoria, Prime Park, Grand Madani, dan sebagainya.

Untuk official hotel untuk riders and crew MXGP di Mataram, terpilih Lombok Astoria dan Prime Park. Adiyasa mengatakan, sampai saat ini sudah ada sebanyak 280 kamar yang terjual oleh kedua hotel tersebut. 

“Dari Grand Managernya, infonya di Astoria sudah 70 sampai 80 kamar sudah di booking,” imbuhnya.

Terpisah, Marcom and Public Relation Prime Park Hotel Lombok, Ninda Putri mengatakan, pemesanan kamar untuk MXGP 2024 mencapai 90 persen.

“Dari 158 kamar yang ada, untuk event ini sekitar 90 persen pemesanan. Hanya presidential suite dan suite aja yang tersisa,” tukasnya.

Artikel MXGP 2024 Kian Dekat, Okupansi Hotel di Mataram Meningkat pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *