Hari Pertama MXGP Lombok 2024: Pembalap Unggulan Kalah hingga UMKM Mengeluh

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Hari pertama gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) seri 11 di Lombok, NTB telah usai. Seluruh pembalap tuntas menyelesaikan babak kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram.

Pantauan NTBSatu, penonton yang hadir tampak begitu antusias. Meskipun, jumlahnya belum sesuai dari target panitia penyelenggara. Targetnya, sebanyak 30.000 ribu penonton di seri pertama MXGP Lombok 2024, yang pelaksanaannya dari tanggal 29-30 Juni.

Walaupun tak banyak yang hadir, balapan kuda besi MXGP tetap berlangsung semarak. Teriakan penonton begitu menggema ketika para pembalap melewati obstacle atau rintangan di sirkuit sepanjang 1,6 kilometer itu.

Pembalap Unggulan Kalah Dominasi di Kualifikasi

Pembalap Red Bull Gas Gas Factory, Jorge Prado yang diunggulkan di seri 11 MXGP 2024 di Lombok, NTB. Foto: Dok MXGP

Jorge Prado yang banyak diunggulkan dalam seri MXGP Lombok 2024 pertama ini, tampaknya belum beruntung pada sesi kualifikasi. Ia hanya mampu menjadi terbaik kedua, setelah Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jeffrey Herlings yang mendominasi balapan.

Padahal, Prado sangat yakin dapat merebut pole position setelah mendapat crash ketika balapan kedua di MXGP Italia pekan lalu.

“Untuk minggu ini (MXGP Lombok 2024), saya akan berusaha sebaik mungkin setelah kejadian crash pekan lalu. Dari stamina saya juga cukup baik, meskipun harus melalui tiga kali penerbangan menuju Lombok,” ungkap Pembalap Red Bull Gas Gas Factory, sebelum balapan, Sabtu, 29 Juni 2024.

“Saya juga menyukai sirkuit ini dan saya sangat siap beradu kecepatan dengan crosser lain,” tambahnya.

Namun, keberuntungan belum berpihak kepadanya. Prado mencatat waktu 25 menit 12,344 detik. Catatan waktu itu lebih lambat 3,034 detik dengan capaian Jeffrey Herlings.

Penonton Selalu Sepi di Hari Pertama

Suasana tribun penonton yang terlihat sepi pada hari pertama seri 11 MXGP 2024 di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram. Foto: Marwan Hadi

Menanggapi sepinya penonton di hari pertama, National Media Officer of MXGP Indonesia, Baiq Yulia membenarkan kalau hal itu selalu terjadi.

“Ini terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, kalau hari pertama memang cenderung lebih sepi. Sehingga, kami berharap bagi penonton yang sudah memiliki tiket untuk meramaikan kegiatan utama MXGP besok,” katanya, hari ini.

Ajakan itu, agar target 30.000 penonton dalam satu seri MXGP Lombok dapat terealisasi. Namun, per Sabtu, 29 Juni 2024, penjualan tiket baru mencapai 50 persen dari target atau 15.000 penonton.

“Tetap optimis bisa 30.000 penonton per seri. Hari ini mungkin saya bisa bilang ada 5.000 penonton yang hadir,” tambah Yulia.

UMKM Keluhkan Lokasi Jualan

Tenda UMKM yang berada di luar area atau sebelum pintu masuk MXGP 2024 seri 11 di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram. Foto: Zhafran Zibral

Sementara, dari salah satu UMKM yang turut meramaikan MXGP Lombok 2024 mengeluh, mengenai lokasi jualan yang berada di luar area atau sebelum pintu masuk.

“Dulu jualannya di dalam, seperti UMKM yang berada di depan panggung sekarang. Tidak pernah di luar area seperti ini,” keluh Cut Neneng, yang berasal dari UMKM Fakultas Kuliner Bunda Cut (FKBC) kepada NTBSatu.

Apalagi penataan UMKM yang di luar area ini, sangat tidak menguntungkan. Sebab, dibuat berlapis.

“Jadi tidak banyak yang datang. Sebaiknya, dua deret saja. Tetapi, karena sudah terjadi kita terima saja, dengan harapan ke depan di seri kedua lebih baik penataannya,” ujar pemilik UMKM yang menjadi binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram ini.

Artikel Hari Pertama MXGP Lombok 2024: Pembalap Unggulan Kalah hingga UMKM Mengeluh pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *