Pantarlih Kota Bima Coklit hingga Malam Hari, Progres Capai 44,49 Persen

​ ​

Kota Bima (NTBSatu) – Proses pencocokan dan penelitian (coklit) dalam pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024 oleh Pantarlih Kota Bima sudah berlangsung selama empat hari.

Ketua KPU Kota Bima, Suaeb menyampaikan, dalam melaksanakan tugasnya untuk memastikan kelengkapan dan kesesuaian data pemilih, Pantarlih Kota Bima melakukan coklit hingga malam hari.

“Kalau Panterlih ada yang lakukan coklit sampai jam 10 malam, karena sudah janji dengan warga yang memiliki kesibukan di siang hari,” kata Suaeb, Jumat, 28 Juni 2024.

Jumlah petugas Pantarlih Kota Bima sebanyak 423 orang dan telah melakukan coklit terhadap 50.817 pemilih dari 114.220 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pilkada Kota Bima 2024.

“Persentase yang sudah di coklit 44,49 persen hampir setengah (jumlah DP4, red),” ujarnya.

KPU Kota Bima, kata Suaeb, menargetkan proses coklit ini selesai dalam waktu 14 hari dari waktu yang diberikan sebenarnya adalah satu bulan.

“Dua Minggu itu kita sudah melakukan review baik oleh PPK dan PPS, itu targetnya,” bebernya.

Suaeb menyebut, dalam melaksanakan coklit, tidak ada kendala serius yang dihadapi oleh Pantarlih. Hanya saja, persoalan penerimaan oleh masyarakat.

Kendati demikian, KPU Kota Bima rutin mengedukasi Pantarlih di lapangan agar saat melakukan coklit di rumah-rumah warga tetap memperhatikan tutur sapa dan tata krama daerah setempat.

“Kami selalu mengedukasi Pantarlih di lapangan agar saat melakukan coklit mengikuti kebiasaan dari warga setempat,” pungkasnya.

Artikel Pantarlih Kota Bima Coklit hingga Malam Hari, Progres Capai 44,49 Persen pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *