Pembalap MXGP Diprediksi Kewalahan dengan Trek Sirkuit Selaparang

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB, Lalu Herman Mahaputra memprediksi, para pembalap yang beradu kecepatan di Sirkuit Selaparang, pada seri 11 MXGP 2024 akan kewalahan.

Penyebabnya adalah trek Sirkuit Selaparang yang tidak terlalu panjang alias pendek.

Sirkuit yang dibangun di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram itu memiliki panjang 1,6 kilometer. Lebih pendek dari Sirkuit Samota, Sumbawa dengan panjang 1,8 kilometer.

“Panjang sirkuit masih sama seperti tahun sebelumnya, 1,6 kilometer. Lebih pendek dari Samota. Ini akan membuat para pembalap kewalahan, karena harus sering menggunakan rem dan mereka dituntut harus cepat,” jelas dr. Jack, sapaan Ketua IMI Provinsi NTB, Jumat, 28 Juni 2024.

Ditambah lagi dengan tikungan berjumlah 16 dan terdapat banyak obstacle atau rintangan, yang bakal membuat balapan semakin seru.

“Bakal sangat melelahkan, apalagi dua seri berturut-turut mereka harus berhadapan dengan satu sirkuit ini,” sambung dr. Jack.

Sehingga, meski cuacanya bakal cerah, jalannya balapan akan tetap seru nanti. Serta, memanjakan mata penonton.

“Biasanya penonton kalau balapan motocross, lebih senang saat hujan karena bakal seru. Tetapi, tidak hujan pun, balapan tetap seru karena treknya pendek-pendek, banyak tikungan, obstacle,” tambah dr. Jack.

Track Balapan MXGP Lombok Seri Kedua Berubah

Ia juga mengatakan, untuk seri kedua MXGP Lombok 2024 atau seri Ke-XII secara keseluruhan akan berbeda rute trek balapannya dari balapan minggu ini.

“Untuk di minggu ini, rutenya masih sama seperti tahun lalu, lokasi start hingga garis finis. Pada seri Ke-XII akan sedikit berubah, rutenya berbalik. Lokasi start berubah jadi garis finis, garis finis jadi tempat start,” kata dr. Jack.

Selain MXGP dan MX2, perhelatan event motocross bergengsi di dunia itu akan diramaikan juga oleh balapan sekelas kejurnas. Namanya, MX Open atau Motocross Open.

“Ada 18 pembalap lokal yang akan meramaikan MX Open. Jadi, ada sedikit berbeda pelaksanaanya tahun ini,” ujar dr. Jack.

Sementara, untuk pembalap yang akan beradu kuda besi di MXGP Lombok 2024 sebanyak 46 orang. Terdiri dari 24 pembalap MXGP dan 22 pembalap MX2.

“Ada tiga orang pembalap Indonesia di MX2 kali ini, ada Delvintor Alfarizi, Nakami Vidi Makarim, dan Arsenio Algifari yang mendapat wildcard,” tandas dr. Jack.

Artikel Pembalap MXGP Diprediksi Kewalahan dengan Trek Sirkuit Selaparang pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *