Peluang Juara Baru MXGP Lombok ‘Diuntungkan’ Cidera Romain Febvre

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok 2024 akan melahirkan juara baru. Sebab, Romain Febvre yang merupakan juara bertahan musim lalu di Sirkuit Selaparang, absen pada seri kali ini.

Pembalap Kawasaki Racing Team itu sedang mengalami cedera ibu jari. Febvre mendapat cedera ketika balapan di seri MXGP Prancis, Mei lalu. Ia pun terpaksa harus menjalani istirahat panjang untuk memulihkan kondisi jempolnya.

Dengan tidak ikutnya pembalap asal Prancis tersebut, membuat peluang crosser lain semakin besar. Terdapat beberapa nama yang menjadi unggulan, di antaranya Jorge Prado, Tim Gajser, Jeffrey Herlings, Jeremy Seewer, dan Calvin Vlaanderen.

Lantas, bagaimana peluang mereka pada race yang akan berlangsung hari ini, Minggu, 30 Juni 2024? Berikut ulasannya:

Peluang Sang Pemenang Kualifikasi

Lawan perlu memperhitungkan Jeffrey Herlings yang menjadi tercepat pada sesi kualifikasi kemarin. Pasalnya, ia tidak pernah jadi unggulan dalam beberapa seri sebelumnya. Namun, pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu mampu membuktikan dengan raihan waktu 25 menit 09,310 detik dan berhasil menyabet pole position.

Aksi Jeffrey Herlings, pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing yang berhasil mengamankan pole position dalam babak kualifikasi seri pertama MXGP Lombok 2024, Sabtu, 29 Juni 2024. Foto: Instagram/jeffrey_herlings84

Terlebih lagi, peluang Herlings menjadi juara race MXGP Lombok 2024 begitu besar. Sebab, selama pelaksanaan MXGP Lombok, sang pemenang kualifikasi selalu berada di peringkat teratas selama sesi race.

Sehingga patut dinantikan. Apakah pembalap asal Belanda tersebut mampu meneruskan tradisi kemenangan sang pemenang kualifikasi?

Peluang Juara MXGP 2023

Sang Juara MXGP 2023, Jorge Prado juga menjadi unggulan meraih juara saat sesi race yang berlangsung hari ini. Betapa tidak, pada musim lalu di tempat yang sama, ia hampir menempati posisi pertama. Namun, harus puas pada posisi kedua, karena berbeda beberapa poin saja dengan Romain Febvre.

Meskipun begitu, pembalap Red Bull Gas Gas Factory Racing itu masih penasaran menjadi juara di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram.

Dengan capaian yang cukup bagus saat sesi kualifikasi kemarin di posisi kedua, rasanya Prado akan mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam balapan nanti.

Peluang Pemuncak Klasmen 2024

Pembalap Honda HRC Team, Tim Gajser yang merupakan pemuncak klasmen sementara MXGP 2024 sedang dalam kondisi on fire. Hal ini terlihat dalam balapan kualifikasi kemarin, ia berjibaku merebut posisi kedua dengan Jorge Prado.

Sayangnya, Gajser harus puas dengan waktu 25 menit 15,371 detik. Capaian itu membuat Gajser berada di posisi ketiga.

Walaupun berada di bawah Prado, pembalap asal Slovenia ini memiliki ambisi besar untuk memenangkan seri ini. Peluangnya menang pun terbilang cukup besar.

Sebab, pada musim lalu, Romain Febvre yang menjadi juara, kondisinya persis sama dengan Gajser sekarang. Pada posisi ketiga di sesi kualifikasi. Maka, apakah ia mampu mengikuti jejak Febvre memenangkan seri kali ini?

Peluang Pembalap Lain

Selain tiga pembalap di atas, ada nama-nama lain yang bisa mencuri posisi dalam sesi race nanti. Mereka adalah Jeremy Seewer dan Calvin Vlaanderen.

Seewer menjadi tumpuan Kawasaki Racing Team, setelah ditinggalkan Febvre karena cedera. Capaian waktunya juga cukup bagus dalam sesi kualifikasi kemarin. Ia berada pada posisi keempat dengan waktu 25 menit 23,029 detik.

Begitu juga dengan Calvin Vlaanderen. Pembalap Monster Energy Yamaha itu mampu masuk ke lima besar sesi kualifikasi. Capaian waktunya di angka 25 menit 29,273 detik.

Meski tak diunggulkan oleh banyak pihak, keduanya dapat menjadi kuda hitam dalam seri pertama MXGP Lombok 2024.

Adapun pelaksanaan race akan berlangsung hari ini, Minggu, 30 Juni 2024. Informasi yang diperoleh NTBSatu, race MXGP dimulai pukul 13.05-13.15 Wita dan 16.00-16.10 Wita.

Sementara, untuk MX2 akan berlangsung lebih awal, pada pukul 12.05-12.15 Wita dan 15.00-15.10 Wita. (JEP)

Artikel Peluang Juara Baru MXGP Lombok ‘Diuntungkan’ Cidera Romain Febvre pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *