MXGP Lombok Semakin Populerkan NTB ke Dunia Lewat Sosmed

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Jagat sosial media dunia otomotif ramai membahas Event MXGP Lombok 2024. Akun official MXGP di berbagai platform, setiap saat memberikan informasi update perkembangan Event motocross di Sirkuit Selaparang Mataram itu.

Channel Youtube MXGP TV terus menerus menyiarkan pra kualifikasi, saat race hingga penutupan. Salah satu konten paling populer adalah news highlight dengan pengunjung 83.000 view dan 77.000 view saat kualifikasi.

Beberapa recap saat kualifikasi dan race juga diunggah pada akun Instagram official @MXGP_ID. Dalam beberapa kali unggahan, nama “Lombok” dan “Nusa Tenggara Barat” tetap tercantum dalam caption.

Pengunjung MXGP juga tak kalah populer di platform Gen Z, Tiktok. Akun Tiktok official MXGP dengan 295,8 ribu pengikut dan 4,3 suka. Opening Ceremony penyambutan para rider, kunjungan di akun ini sampai 53,2 ribu.

Keunikan prosesi penyambutan dengan tarian adat Sasak, musik Gendang Beleq, jadi hal menarik. Apalagi ditambah aksi kocak para rider yang joget saat ditandu jaran Praja. Rekor pengunjung tertinggi pada sesi start practice streching. Pengunjungnya 55,5 ribu.

Unggahan akun sosial media MXGP yang mengabarkan event di Lombok ini jadi sorotan dunia. Sumber: Tangkapan layar MXGP

Sosial media jadi ruang yang tak terbatas untuk publikasi kegiatan apapun, termasuk dalam mensukseskan agenda MXGP 2024.

Peluang ini kemudian digerakkan oleh tim Dr. Zulkieflimansyah selaku Chairman MXGP Lombok 2024. Melalui akun Facebook, Instagram dan Tiktok.

Akun sosial media @Bang Zul Zulkieflimansyah setiap momen mengunggah setiap tahapan pra hingga pasca Event. Unggahan suasana sirkuit sebelum dibuka untuk penonton, mendulang 37 Komentar, 26 Kali bagi dan 7 ribu kali putar. Begitu juga saat bang Zul mengunggah kedatangan crew dan rider, sesi latihan bebas, hingga kualifikasi. Kolom komentar dipenuhi dukungan dan pertanyaan dari warganet.

Konten yang cukup ramai ketika Bang Zul mengunggah babak kualifikasi dengan 16 ribu kali ditonton, berlanjut ke gladi performance yang dilakukan taruna IPDN.

NTB Diyakini Terus Mendunia

Bang Zul mengaku menyadari media sosial jadi saluran efektif untuk memperkenalkan Event MXGP yang tergolong baru bagi masyarakat NTB, umumnya Indonesia. “Ini membuat NTB semakin menjadi buah bibir,” kata Bang Zul menjawab NTBSatu, Selasa 1 Juli 2024.

Sesekali ia mengunggah informasi sederhana tapi penting, seperti ketika memperkenalkan Jorge Prado rider asal Spanyol yang juara dunia MXGP Tahun 2023.

Alhasil, Nama Jorge Prado familiar di telinga masyarakat, apalagi setelah merengkuh juara di seri 11 MXGP Lombok, Tanggal 30 Juni 2024 kemarin.

Gubernur NTB Periode 2018 – 2023 ini percaya bahwa gerakan influence sosial media cukup mempengaruhi popularitas event. tidak saja yang dilakukan secara terencana oleh akun akun official, gerakan sama juga dilakukan para rider.

“Mereka (crew dan rider) mengunggah di akun media sosial masing masing. Ini yang semakin membuat NTB dikenal di mata dunia,” kata Bang Zul.

Jorge Prado misalnya. Aksi jumping di lintasan Sirkuit MXGP Selaparang yang ia unggah, mendapat 17.312 like. Momen saat ia mengangkat trophy juara seri 11 juga diunggah dengan caption “On Top in Lombok”, mendapat banyak reaksi positif dari netizen Indonesia. (HAK)

Artikel MXGP Lombok Semakin Populerkan NTB ke Dunia Lewat Sosmed pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *