Indeks Literasi Digital NTB Meningkat, Kota Bima Jadi Kota dengan Nilai Tertinggi

​ ​

Kota Bima (NTBSatu) – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Kota Bima, Drs. H. Mahfud M.Pd, menghadiri acara Indeks Masyarakat Digital Indonesia di Mataram.

Kegiatan ini dilaksanakan kemenkominfo RI oleh Narasumber Dr.Eng. Said Mirza Pahlevi, M.Eng, bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan literasi digital masyarakat NTB guna mendukung pembangunan daerah berbasis teknologi informasi selasa, 2 Juli 2024.

Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) adalah inisiatif nasional yang bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan literasi digital di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada tahun ini Kota Bima menjadi salah satu kota dengan nilai Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) tertinggi. Namun, tingkat literasi digital di wilayah ini masih perlu ditingkatkan. Banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam sektor pendidikan, kesehatan, maupun bisnis.

Pemerintah provinsi terus mendorong program-program edukasi untuk meningkatkan literasi digital, terutama di daerah pedesaan.

Hasil penghitungan IMDI menunjukkan bahwa secara nasional, indeks literasi digital Indonesia berada pada angka yang cukup baik, namun masih banyak ruang untuk perbaikan. Untuk Provinsi NTB, hasil menunjukkan adanya peningkatan literasi digital dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut untuk mempercepat adopsi teknologi digital di NTB.

Dalam jangka panjang, proyeksi ketersediaan dan kebutuhan talenta digital di Indonesia menunjukkan bahwa permintaan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan ekonomi digital.

Untuk NTB, diperkirakan akan ada peningkatan kebutuhan talenta digital yang signifikan hingga tahun 2030. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kapasitas dan pelatihan untuk memenuhi permintaan tersebut, serta menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan talenta digital lokal.

Setelah menghadiri acara tersebut, Kadis Kominfotik Kota Bima berharap agar kota bima tetap mempertahankan capaian nilai tertinggi untuk IMDI NTB. (AR/*)

Artikel Indeks Literasi Digital NTB Meningkat, Kota Bima Jadi Kota dengan Nilai Tertinggi pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *