Terkuak Asal Pesawat Cessna yang Dipakai Eko Darmanto Flexing hingga ‘Dirujak’ Netizen

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Terungkap asal-usul pesawat pribadi Cessna yang sempat dipamerkan (flexing) lewat medsos (media sosial) pribadi Eko Darmanto, eks Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta, terdakwa dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam jabatannya senilai Rp 37 miliar. 

Ternyata, pesawat yang sempat membuat para netizen berdecak kagum dengan kekayaan Eko Darmanto sebagai pegawai bea cukai merupakan pesawat sewaan untuk kursus penerbangan. 

Dalam sidang lanjutan di Ruang Sidang Cakra Kantor Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya, Selasa (2/7/2024), terungkap terdakwa Eko sempat memiliki kursus penerbangan di sebuah sekolah penerbangan umum di Yogyakarta. 

Kesaksian atas fakta persidangan itu, disampaikan oleh Ketua Jogja Flying Club, Candra Agus di hadapan para majelis hukum persidangan. 

Terdakwa Eko Darmanto tergabung dalam kursus penerbangan sekaligus menjadi anggota klub tersebut, sejak tahun 2022. 

Saat tergabung dalam kursus penerbangan itu, terungkap Eko Darmanto telah membayarkan uang sekitar Rp 101,750 juta. 

“Biaya training, biaya kelas, sejumlah, Rp 15,5 juta, keanggotaan, instruktur, ngisi kas disop. Sudah dibayarkan. Kalau biaya pendidikan, dibayar saat mulai training. Total keseluruhan yang sudah dibayar Rp 101,750 juta. Sisa Rp 5,76 juta, kami serahkan ke KPK,” kata Candra, saat bersaksi dalam sidang. 

Uang sebanyak itu dimaksudkan untuk melakukan pembayaran biaya keanggotaan, pengisian kas rutin, pelatihan (training), dan jasa instruktur penerbangan. 

Baca juga: JPU KPK Ngotot Panggil lagi Irwan Mussry Suami Maia Estianty Hadiri Sidang Korupsi Eko Darmanto

Pembayaran tersebut ada yang dilakukan secara transfer antar nomor rekening bank, dan ada pula yang dilakukan secara kontan. 

Menurut Candra, biaya untuk jasa instruktur penerbangan, dilakukan langsung oleh terdakwa Eko Darmanto kepada si instruktur penerbangan yang mendampinginya belajar menerbangkan pesawat. 

“Kami memastikan Eko sudah bayar, dari instruktur. Saat latihan, saya gak terlibat. Tapi transfer Eko langsung ke instruktur,” ungkapnya. 

Mengenai status kepemilikan pesawat Cessna yang sempat diabadikan dalam swafoto oleh terdakwa Eko Darmanto, melalui akun media sosial pribadinya, beberapa bulan lalu, Candra mengungkapkan, pesawat tersebut kini milik Federasi Aerosport Indonesia (FASI) dan ia menyebutkan harganya sekitar Rp 280 juta. 

“(Soal pesawat Cessna dalam foto Eko Darmanto yang viral) Pesawat itu sekarang milik Federasi Aerosport Indonesia (FASI). Pesawat Cessna. Betul (yang viral di Twitter) harganya Rp 280 juta,” katanya. 

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

​Terkuak asal pesawat Cessna yang dipakai eks Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto flexing hingga dirujak netizen di media sosial. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *