Haji Mo Meraih Sejumlah Penghargaan selama Dua Tahun Terakhir

​ ​

Mataram (NTBSatu) – Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah alias Haji Mo berhasil meraih sejumlah prestasi selama dua tahun terakhir. Totalnya, Haji Mo berhasil membuat Sumbawa menyabet sekitar puluhan penghargaan selama dua tahun terakhir.

Haji Mo mengatakan, selama tahun 2023, Sumbawa meraih prestasi nasional kategori kinerja pengendali inflasi dari Kementerian Keuangan. Kemudian, meraih penilaian kinerja kabupaten dan kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi stunting tingkat Provinsi NTB yang meraih Peringkat I.

Sumbawa juga meraih penghargaan dari Menko PMK atas dukungan dan kontribusi dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan penghargaan Universal Health Coverage Award pada tanggal 14 Maret 2023. Ada pula penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selanjutnya, penghargaan sebagai Kabupaten Penerima Parahita Ekapraya Tahun 2022 Kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.  

Khusus untuk Jaminan Kesehatan Nasional, Sumbawa menargetkan peserta mencapai 82.879 jiwa pada tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp41,1 miliar. Hingga Desember 2023, Sumbawa berhasil membantu peserta JKN sebanyak 97.794 jiwa.

“Capaian ini memberikan dampak positif, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Haji Mo, Jumat, 5 Juli 2024.

Baca juga: Sudah 10 Tahun Bupati Sumbawa Tradisikan Jalan Kaki Setelah Shalat Subuh

Ombudmsan juga memberi penghargaan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tingkat Provinsi NTB untuk Sumbawa. Kemudian, penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional atas Perencanaan dan Pencapaian daerah 12 besar Tingkat Kabupaten/ Kota dari Kementerian BAPPENAS.

“Sumbawa pun pernah meraih penghargaan kabupaten dan kota peduli hak asasi manusia tingkat Provinsi NTB dari Kemenkumham,” terang Haji Mo.

Haji Mo (kiri) saat memaparkan materi di Kementerian PUPR

Haji Mo Meraih Penghargaan Tahun 2022

Sementara itu, pada tahun 2022, Sumbawa meraih Best Halal Inovasi dari Kementerian Perindustrian dan Pokmaswas Mutiara Hitam dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam bidang kelautan, Sumbawa berhasil meraih penghargaan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Lebih lanjut, Sumbawa juga menempati peringkat I penilaian kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting tingkat Provinsi NTB. Kementerian Kesehatan juga memberi penghargaan STBM sebagai Kabupaten Terbaik Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan Kategori Enabling Environment pada upaya Inovasi Percepatan kondisi SBS.

“Kami masih punya segudang prestasi lainnya. Semoga, Sumbawa terus maju ke arah lebih baik,” tandas Haji Mo.

Artikel Haji Mo Meraih Sejumlah Penghargaan selama Dua Tahun Terakhir pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *