Pemkot Bima akan Bangun Arena Panjat Tebing Bertaraf Internasional

​ ​

Kota Bima (NTBSatu) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sedang berencana membangun arena panjat tebing bertaraf internasional.

Rencananya, arena olahraga alam bebas di Pemkot Bima itu akan dibangun di kawasan Ama Hami, Kota Bima.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum menyampaikan, rencana pembangunan arena panjat tebing bertaraf internasional tersebut sebagai wadah mendukung potensi anak-anak muda Kota Bima.

Menurutnya, untuk berlaga di kancah nasional maupun internasional perlu fasilitas yang mumpuni untuk berlatih.

“Bahkan nanti bukan suatu hal mustahil kejuaraan panjat tebing internasional berlangsung di Kota Bima,” kata Aji Rum, sapaan Pj Wali Kota Bima, Kamis, 4 Juli 2024.

Selain itu, pembangunan arena tersebut hadir atas dasar ide dan inisiasi darinya. Konsepnya, akan mengarah pada pembangunan Ama Hami Jogging Track.

“Terlebih dulu kita bangun Ama Hami Jogging Track, karena sudah mendapat izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” ujarnya.

Pembangunan arena tersebut, lanjut Aji Rum, juga untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) NTB-NTT 2028 nanti.

Di mana, tiga Cabang Olahraga (Cabor) pada PON NTB-NTT 2028 nanti akan berlangsung di Bima. Di antaranya, panjat tebing, triathlon, dan volly indoor.

“Kita tahun 2028 itu ada PON dan kita dapat tiga Cabor yang pelaksanaannya di Kota Bima, yakni panjat tebing, triathlon, dan volly indoor,” bebernya.

Sebagai informasi, NTB dan NTT secara resmi terpilih menjadi tuan rumah PON tahun 2028.

Pengesahan itu berlangsung dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada tahun 2022 yang lalu.

Artikel Pemkot Bima akan Bangun Arena Panjat Tebing Bertaraf Internasional pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *