Buru-buru Jenguk Istri, Warga Nganjuk Lupa Matikan Perapian Diang, Rumah dan Kandang Ludes Terbakar

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK – Satu rumah beserta kandang milik Suwarno (48) warga Desa Jampes, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim), ludes dilalap si jago merah, Selasa (9/7/2024). 

Dugaan sementara, peristiwa kebakaran ini terjadi lantaran pemilik tak mematikan perapian diang ternak saat meninggalkan rumah. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkarmat) Kabupaten Nganjuk, Sujito mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian kebakaran ini. 

Hanya saja, pemilik rumah menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah. 

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran rumah dan kandang di wilayah Kecamatan Pace. Namun, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta,” katanya. 

Sujito menjelaskan, peristiwa kebakaran bermula saat Suwarno menyalakan diang ternak. 

Usai api pada diang ternak menyala, Suwarno lantas begitu saja meninggalkan rumah untuk menjenguk istri di rumah mertua. 

“Perapian diang ternak lupa tak dimatikan oleh pemilik saat keluar rumah. Setelahnya rumah dalam kondisi kosong tanpa penghuni,” paparnya. 

Baca juga: Kalimat Terakhir Bos Perabotan saat Gudangnya Kebakaran, Makin Teriak dari Dalam saat Api Membesar

Selang beberapa waktu, salah satu tetangga, Kasimun, melihat asap hitam membumbung tinggi beserta kobaran api dari rumah Suwarno. 

Diapun panik dan mencoba mengabarkan kejadian kebakaran ini ke warga lain. 

Kasimun bersama sejumlah warga kemudian bahu-membahu memadamkan api dengan alat sederhana. 

Mereka turut menguhubungi petugas Damkar Kabupaten Nganjuk untuk membantu melakukan pemadaman, sebab api terlanjut membersar. 

“Mendapat laporan, personel siaga Pos Bantu Pace meluncur ke lokasi kebakaran. Setibanya di lokasi, personel langsung berjibaku melaksanakan pemadaman. Api dapat padam sekitar 2 jam berselang,” tutupnya.

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

​Buru-buru jenguk istri di rumah mertua, warga Nganjuk lupa mematikan perapian diang ternak, rumah dan kandang ludes dilalap api. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *