77.941 Anak di Kabupaten Bima Jadi Target Imunisasi Polio

​ ​

Kota Bima (NTBSatu) – Puluhan ribu anak usia 0-7 tahun di Kabupaten Bima, menjadi target imunisasi polio di tahun 2024. Jumlah tersebut tersebat di 18 kecamatan di Kabupaten Bima.

“Dari 77.941 anak tersebut, sasarannya sebagian besar anak-anak duduk di bangku SD/MI sederajat,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah, Fatahullah, Selasa, 9 Juli 2024.

Fatahullah menyampaikan, dari puluhan ribu anak tersebut, ia menargetkan 95 persen cakupan imunisasi dapat tercapai. 

Karenanya, penting terlaksananya sosialisasi, agar target tersebut dapat dicapai sesuai waktu yang ditentukan. 

Dalam upaya mencapai target tersebut, Pemkab Bima menggelar sosialisasi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Bima tahun 2024.

“Pencanangan PIN tingkat Kabupaten Bima akan berlangsung di Kecamatan Ambalawi,” tutur Fatahullah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Fahrurrahman mengungkapkan, PIN secara serentak akan berlangsung pada minggu IV bulan Juli 2024. 

“Secara nasional ini merupakan imunisasi tahap II pada 27 provinsi setelah sebelumnya pada tahap I khusus untuk wilayah Papua,” ujar Faturrhman.

Kegiatan ini juga untuk mendukung bebas Polio (Eradikasi Polio) tahun 2026. Di mana PIN ini adalah upaya untuk mencegah hal tersebut.  Oleh karena itu peran dan fungsi pemerintah terutama di tingkat kecamatan untuk menyampaikan informasi sangat penting. 

Ia berharap, UPT Dinas dan camat untuk terus menggerakkan pola hidup sehat terutama stop buang air besar di sembarang tempat. Juga pada saat yang sama meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya penyakit dan memastikan masyarakat tetap mengunjungi fasilitas kesehatan.

“Hal itu yang kita terapkan dan jaga secara bersama,” pungkasnya.

Artikel 77.941 Anak di Kabupaten Bima Jadi Target Imunisasi Polio pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *