Sekda Kota Bima Hadiri Kegiatan Asistensi Laporan Kinerja Pj. Wali Kota Bima

​ ​

Kota Bima (NTBSatu) – Video conference untuk asistensi laporan kinerja penjabat Wali Kota Bima yang memfokuskan pada evaluasi periode Triwulan III Bulan Juli Tahun 2024 diadakan pada Kamis, 11 Juli 2024.

Kegiatan ini terlaksana secara zoom meeting oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang diwakili oleh Itjen Kemendagri Yohanes, melakukan vidio conference dengan Pj. Wali Kota Bima H. Mohammad Rum dan diikuti pula oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH.

Melalui zoom meeting kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Wali Kota Bima, yang didampingi oleh Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Pimpinan OPD, dan Kabag Setda Kota Bima.

Kegiatan ini diadakan secara virtual, bertujuan untuk memfasilitasi evaluasi serta koordinasi antara pihak terkait, dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik.

Dalam dialog melalui vidio conference H. Mohammad Rum menyampaikan hasil kinerja selama periode Juni dan Juli 2024.

Dalam laporannya, tergambar upaya peningkatan layanan publik melalui berbagai program strategis yang telah dilaksanakan, seperti, layana kesehatan, pencegahan Stunting, pelayan publik, pengentasan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, pengelolaan BUMD, penyerapan anggaran layanan perijinan, dan penurunan tingkat pengangguran, 

Menurut Aji Rum, capaian yang signifikan telah diraih, akan tetapi  secara administrasi ada beberapa poin yang perlu dibenahi, menurut itjen Kemendagri Yohanes, misalnya dalam  pelaksanaan program pencegahan stunting, dalam pelaksanaanya program ini harus dijabarkan, dan dilaksanakan oleh OPD mana saja, program kegiatannya apa saja, target sasaran yang dicapai berapa, anggaranya berapa, realisasi dan pelaporannya berapa persen, dan yang terakhir statusnya harus dimasukan keterangan sudah dilaksanakan atau belum, tujuannya biar semuanya jelas, karena ini merupakan wujud dari akuntabilitas masing-masing OPD, tandasnya. 

Sementara itu, dalam beberapa sektor, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perekonomian, mengalami perubahan dan kemajuan yang signifikan.

Di sektor pendidikan mengalami perkembangan positif, dengan program-program pendidikan inovatif dan berkelanjutan.

Di bidang infrastruktur, proyek-proyek pembangunan jalan dan sarana transportasi lainnya telah mempercepat konektivitas antar wilayah, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Di sektor perekonomian, pemerintah kota juga telah mengimplementasikan berbagai program untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta meningkatkan daya saing produk lokal.

Diskusi dan asistensi yang dilakukan dalam Vicon ini bertujuan untuk mengevaluasi serta menyarankan perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas program-program yang telah dilaksanakan.

Diharapkan hasil evaluasi ini dapat memberikan arahan bagi langkah-langkah kebijakan selanjutnya, guna mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik, serta meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bima kedepannya. (AR/*)

Artikel Sekda Kota Bima Hadiri Kegiatan Asistensi Laporan Kinerja Pj. Wali Kota Bima pertama kali tampil pada NTBSatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *